Saturday, February 12, 2011

Sejarah BlackBerry




"BlackBerry", namanya kian melambung dikalangan pengguna handphone. Sebagian besar orang mengidentikkan BlackBerry dengan sebuah perangkat handphone pintar yg mengedepankan fitur messaging. Dalam perkembangannnya BlackBerry bukan lagi hanya sebuah perangkat tapi juga layanan. Dan meskipun BlackBerry sudah sedemikian tenarnya, hanya segelintir orang yg tahu betul seluk- beluknya termasuk siapa pembuatnya.

Kalau sudah mengenal BlackBerry maka kita wajib kenal dengan RIM (Research in Motion), karena perusahaan asal Kanada ini induk dari BlackBerry, merekalah yg melahirkan perangkat BlackBerry. Semua bermula di tahun 1995, saat itu RIM pertama kalinya mengeluarkan produk BlackBerry berupa perangkat 2-way pager yang dilengkapi dengan thumb keyboard (keyboard dengan tombol kecil yang dapat ditekan menggunakan jempol atau jari lain) untuk mendukung fitur text messagingnya. BlackBerry secara resmi dikenalkan kepasar dunia pada tahun 1997.

 

Asal nama BlackBerry:

Pemilihan nama BlackBerry sendiri ada ceritanya. Saat itu RIM dibantu dengan Lexicon Branding Inc.(perusahaan konsultan pembuatan merek atau brand asal Amerika) punya inspirasi bahwa perangkat ini merupakan sesuatu yang manis dalam kehidupan karena fungsi dan kemudahan yang dimilikinya. Waktu itu pihak Lexicon melihat tombol keyboard-nya seperti biji strawberry, tapi menurut mereka kata "straw" terlalu panjang bila diucapkan hingga terkesan lamban. Lalu dipilihlah BlackBerry, brand yang menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yang cepat bila diucapkan mewakili karakter perangkat BlackBerry yang simpel dan mudah digunakan.

Nama BlackBerry sempat diplesetkan menjadi CrackBerry (crack berarti kokain) karena perangkat ini bisa membuat penggunanya kecanduan. Bahkan gara- gara isu ini, di beberapa negara ada peraturan yang membatasi penggunaan handphone BlackBerry ini. Misalnya Kanada mereka mengeluarkan peraturan mematikan perangkap dari jam 7 malam sampai jam 7 pagi, akhir pekan dan hari libur lain.

Dunia BlackBerry:

Sudah menjadi sebuah fenomena dalam beberapa tahun terakhir ini. Di Amerika Serikat, BlackBerry bahkan bisa dibilang sebagai handheld wajib para profesional yang mobile. Kemudahan dalam mengakses email dan messaging menjadikan BlackBerry sebagai perangkat yang selalu ditenteng kemanapun pergi. Dompet boleh ketinggalan, BlackBerry? jangan! Kemudahan yang dihadirkan dalam mengakses email dan pesan instant membuat para pengguna sering kali tak bisa lepas dari BlackBerry. Efek yang dihasilkan membuat para pengguna tampak seperti orang yang kecanduan dengan BlackBerry. Inilah yang kemudian menimbulkan istilah CrackBerry. Saking populer dan tingginya kekhawatiran terhadap dampak BlackBerry atas ritme kerja manusia, beberapa negara malah melarang peredaran BlackBerry. Bahkan Kanada yang menjadi tempat lahir BlackBerry, juga terpaksa membatasi penggunaan BlackBerry. Di Indonesia sendiri, BlackBerry baru dikenal setelah para operator memperkenalkan layanan push mail sejak tiga tahun lalu (2008).
 
Dalam perkembangannya tercatat ada lima kali evolusi yang terjadi di perangkat BlackBerry. Semua itu di lakukan untuk mengikuti teknologi dan tren pasar yang terus berkembang. Seiring perkembangan teknologi di perangkat BlackBerry, ketenarannya juga semakin melambung tinggi.

1997-2001

Ini adalah periode awal kemunculan perangkat BlackBerry yang masih berupa pager dua arah (two way pager). Meski berbentuk pager, perangkat BlackBerry ini sudah tampil beda dengan pager kebanyakan. Selain firyrnya, kehadiran keyboard QWERTY-nya jadi ciri khas di pasar saat itu. Layanan yang disediakan bagi pelanggan hanya dua, yaitu e-mail dan WAP. Untuk menyediakan layanan itu RIM menggandeng dua penyedia layanan internet nirkabel, mereka adalah Data TAC dan Mobitex. Dua produk menggunakan layanan Data TAC dan tiga produk menggunakan akses Mobitex.

Seri 850 adalah perangkat yang menandai lahirnya BlackBerry di dunia. perangakat ini memililki fitur yang sederhana, layarnya masih menggunakan teknologi monochrome dengan ukuran kecil. Namun seri ini adalah awal dari semuanya, Tahun 2005 perangakat ini mendapat pengakuan dari PC Magazine sebagai 14th greatest gadget of the past 50 years.

2001-2003

Di periode ini perangkat BlackBerry mulai diberi fasilitas telepon seluler menggunakan teknologi GSM(2G), begitu juga dengan akses datanya. Selain teknologi, desain BlackBerry-pun telah terwujud layaknya handphone pintar, lengkap dengan keyboard QWERTY. Makanya RIM mulai mengenalkan BlackBerry sebagai perangkat handphone pintar bukan lagi pager dua arah. Sejarah lain yang tercipta di tahun ini adalah mulai di tanamkannya BlackBerry OS. Memiliki user interface dengan susunan menu khas BlackBerry yang sampai sekarang masih jadi patokan. Seri “Quark” merupakan jajaran handphone BlackBerry yang sangat populer pada masa itu. Produk dalam seri “Quark” seperti 6230 telah dilengkapi dengan tenologi java sebagai pendukung platform web browsernya. Selain itu di periode ini pula RIM mengeluarkan untuk pertama kalinya hp BlackBerry berteknologi CDMA(6750) dengan menggandeng Verizon sebagai operatornya. Namun layarnya masih berteknologi monochrome.

2003-2004

Salah satu produk yang legendaris dari periode ini adalah 7270. Di lengkapi dengan teknologi WiFi dan menawarkan akses data melalui jaringan WLAN terbatas yang bisa di gunakanuntuk menjalankan fitur VoIP. RIM mencoba menawarkan pilihan kepada konsumen dengan menggandeng penyedia layanan seluler. Di Amerika, mereka menggandeng iDen untuk menghadirkan fasilitas sensasional di handphone BlackBerry yaitu 7510 dan 7520 seperti GPS, komunikasi dua arah (walki talki) dan Bluethooth.

2004-2006

Dan yang terbaru lagi adalah SureType yang mereka kenalkan ke pasar. Adalah dengan konsep satu tombol memuat dua huruf dan di dukung dengan fitur textpredictive input seperti teknologi T9 yang sekarang kita kenal. Alasan penerapan SureType ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna yang kurang suka dengan keyboard QWERTY konvensional. Karena penerapan keyboard ini pula hp-hp BlackBerry seperti 7100v dan 7130e, memiliki desain yang ramping.

2006 sampai sekarang

Fitur- fitur baru terus di tanamkan pada perangkat BlackBerry, seperti layar warna yang lebih baik, kamera, slot kartu memori dan aplikasi chating. Dan juga mengenalkan TrackBall sebagai pengganti TrackWheel . Dan ini merupakan perangkat pengakses menu di handphone blackBerry. Bedanya, TrackWheek mengguakan konsep yang sama dengan TrackWhel di mouse komputer, TrackBall berbentuk bola yang di letakan di bawah layar. Konsep TrackBall di puji banyak kalangan karena aksesnya yang lebih nyaman dan cepat. Seri 8100 merupakan produk pertama yang menerapkan tombol navigassi TrackBall. RIM mengklasifikasikan produknya ke dalam seri tertentu untuk memudahkan pengguna membedakan ke unggulan masing-masing. Nama seri yang di gunakan cukup menarik seperti Electron (8700), Pearl (8120), GammaRay (8820), Curve (8310) dan yang terakhir baru muncul adalah Bold (9000).

Sampai sekarang pengguna BlackBerry telah mencapai 14 juta orang lebih di seluruh dunia, dan Indonesia salah satunya.

Well,
sudahkah kalian memiliki handphone yang selalu diidentikkan dengan salah satu gengsi kelas atas ini?


(Sumber Informasi: www.blackberry.com)

No comments:

Post a Comment