Friday, February 18, 2011

Hidup Sehat Dengan Air Putih



Gue 100% yakin kalau kita sekalian selalu meminum air putih setiap harinya. Dan masing-masing dari kita pasti berbeda-beda jumlah air putih yang diminum, ada yang sedikit ada pula yang banyak. Bagi yang banyak minum air putih dalam sehari,, berbanggalah kalian karena badan kalian kemungkinan besar sehat. Dan buat yang sedikit minum air putih, segeralah memperbanyak minum air putih karena air putih memiliki banyak manfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari air putih:

  • Memperbaiki Performa Mental:
Jika Anda tidak bisa mengingat apa yang tertulis di awal artikel ini, berarti otak Anda kekurangan cairan. Sekitar 80% jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, sangat penting untuk menjaga agar otak tidak kekurangan air. Percobaan klinis telah menunjukkan, dehidrasi bisa menurunkan performa ingatan/memori jangka pendek serta mengganggu konsentrasi. Prinsipnya sebenarnya sangat sederhana, dengan menarik komponen utama maka pastinya otak akan mengalami gangguan fungsi. Sama seperti mengemudikan mobil tanpa minyak.

Di dalam otak, air akan mengencerkan cairan yang membawa protein dan enzim-enzim, dan membantu mengirimkan nutrisi-nutrisi ini ke tujuan mereka masing-masing. Saat tubuh kekurangan air, gerakan cairan pembawa protein dan enzim tersebut juga akan melambat. Karena itu, performa mental Anda juga akan terpengaruh secara langsung. Selain itu, air membersihkan otak dari radikal-radikal bebas yang bisa merusak susuan sel yang akhirnya justru memicu operasi yang bersifat menghancurkan.

  • Mencegah Gangguan Kritis:
Radang sendi, kanker dan penyakit jantung merupakan penyakit serius yang menyerang jutaan orang di seluruh belahan dunia. Akan tetapi, Anda tetap bisa menghindari penyakit tersebut dengan minum air. Kuncinya adalah komponen tulang rawan, berupa material berongga yang berfungsi sebagai bantalan dimana tulang bertemu, dan cairan synovial, cairan di sekitar persendian yang berfungsi sebagai pelumas dan bekerja sebagai alat penahan goncangan. Saat persediaan air cukup, maka gesekan yang terjadi di sekitar persendian juga lebih sedikit.

Karena itu, radang sendi juga lebih sedikit. Selain itu, saat sistem tubuh mempunyai banyak air, meskipun harus berulang-ulang ke kamar kecil, tubuh akan dibersihkan dari racun. Dengan mengurangi waktu kontak antara racun-racun ini dengan colon dan kandung kemih Anda, maka angka kejadian kanker juga bisa dikurangi. Tidak hanya membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh, tetapi air juga membersihkan tubuh dari kelebihan garam. Beberapa studi telah mengaitkan kadar garam tinggi dengan tekanan darah tinggi, dan hipertensi selanjutnya dikaitkan dengan berbagai masalah jantung.

  • Menurunkan Berat Badan:
Anda lapar sebelum waktu makan? Cobalah mengisi perut Anda dengan H2O. Minuman ini tidak mengandung kalori atau lemak, serta terbukti efektif menekan selera makan. Yang lebih penting lagi, air bisa mempercepat proses metabolisme. Mengingat semua proses dalam tubuh memerlukan air, jadi tidak heran kalau metabolisme juga akan melambat jika kekurangan air. Semakin cepat metabolisme, maka akan semakin banyak kalori yang dibakar.

Studi-studi telah menunjukkan, setelah mencerna 2 cangkir air, maka perlu waktu 10-40 menit untuk memulai kembali proses metabolisme. Akan tetapi, sekali dimulai, proses pembakaran kalori akan berlangsung 30% lebih cepat. Satu studi lain, seperti dikutip situs askmen, memperkirakan bahwa meningkatkan jumlah konsumsi air hingga 6 gelas sehari bisa menurunkan berat badan sebanyak 5.3 pon lemak dalam waktu satu tahun.

  • Mencegah Gigi Berlubang:
Minum air putih juga bisa membantu Anda mempertahankan senyum indah Anda dengan biaya minimal. Jika isi perut Anda tetap teraliri air, maka akan membantu produksi beberapa cairan penting tubuh termasuk air liur (saliva), yang berfungsi mencegah gigi berlubang.

Pembusukan gigi berasal dari pembentukan asam, yang akan mengikis lapisan email gigi. Tapi, air liur bisa menetralkan asam ini. Selain itu, saliva juga mengandung mineral-mineral tertentu yang bisa membantu proses perbaikan gigi. jadi, sepanjang tubuh Anda tidak kekurangan cairan, dan tentunya Anda tidak terlalu banyak mengunyah permen, saliva Anda cukup untuk memenangkan pertarungan melawan asam dan menjaga agar gigi tetap terlindungi.

  • Membuat Tubuh Lebih Sehat:
Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.

  • Memperlancar Pencernaan:
Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag dan sembelit.

  • Menambah Kecantikan Alami:
Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat awet muda dan cantik alami.

  • Membuat Langsing:
Air dapat menurunkan berat badan, mengapa? Karena air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu tubuh menguraikan lemak yang tersimpan. Bagi yang sedang berdiet, air dapat menjadi teman yang tidak boleh dilupakan. Dengan meminum air hangat sebelum makan, akan membantu kita merasa kenyang sehingga akan mengurangi selera makan dan mengurangi porsi makan kita. Minum air juga tidak akan membuat gemuk karena air tidak mengandung kalori, gula dan lemak.

  • Meningkatkan Kesuburan:
Untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ternyata air dapat membantu meningkatkan kesuburan karena akan merangsang produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita.

Jadi siapa bilang hidup sehat itu mahal. Murah koq! Mulai sekarang perbanyaklah minum air putih, minimal sebanyak 8 gelas perhari!

Tapi perlu diingat, hindari minum air putih terlalu banyak sebelum tidur, mengapa?

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet mungkin percaya bahwa air putih akan membantu Anda tetap kenyang sebelum tidur. Oleh sebab itu Anda mengonsumsi banyak-banyak air putih sebelum Anda beranjak ke dalam mimpi. Akibatnya jika Anda perhatikan dengan seksama, pipi Anda akan menggembung, tidak hanya itu, Anda mungkin bisa melihat bahwa kantung mata Anda semakin membesar.

Efek ini disebabkan karena kebiasaan minum air putih sebelum tidur. Air mungkin akan dibuang melalui keringat dan urine, tetapi pada saat tidur kita seringkali tak sadar akan kewajiban kita ini. Sehingga kelebihan air akan mencari celah di mana mereka bisa tinggal untuk sementara sebelum dibuang. Jadi lebih telitilah dalam mengkonsumsi air putih ini.

Deal?



(Dirangkum dari berbagai sumber informasi)

No comments:

Post a Comment